tag:blogger.com,1999:blog-37524755.post3352266891587730258..comments2024-03-21T21:13:25.939+08:00Comments on CATATAN SI MERAH SILU: Ziarah Al-Rasyid ke makam-makam lama Perak : Perjalanan malam ke Kuala KangsarRadzi Sapieehttp://www.blogger.com/profile/07561947015813731596noreply@blogger.comBlogger20125tag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-21391234121108280262010-06-03T13:01:25.645+08:002010-06-03T13:01:25.645+08:00kadang bila orang berkata2, seolah2 selepas mati t...kadang bila orang berkata2, seolah2 selepas mati tiada apa2,<br />sedangkan amal yang soleh, sedekah dan jariah,<br />serta anak yang soleh menjadi kesinambungan,<br />sedang di pembaringan, dipukul dipalu disoal tak keruan,<br />siapa lagi yang diharapkan, anak-anak, cucu-cucu, cicit-cicit, piut-piut, yang soleh sahaja diharapkan, ingat kata nabi tentang tentang islam dengan iman, islam asalnya dagang, akan kembali dagang....Unknownhttps://www.blogger.com/profile/13638039868808938194noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-59544155476423328152010-05-27T13:24:40.051+08:002010-05-27T13:24:40.051+08:00ilmu allah tidak dapat ditafsir dengan logik akal ...ilmu allah tidak dapat ditafsir dengan logik akal semata mata...... ianya bukan matematik.... lagi pun semua binaan peninggalan rasul dan sahabt di musnahkan..... tapi binaan istana raja saud dan sebagainya...makin besar dan lebih kepada pembaziran.... itu takpa ke... jangan berselindung sebagai ahli sunnah.... terangkan dirimu sebagai wahabi.... setiap rahsia allah yang tersingkap... bukan hanya di lihat dengan mata kasar..... tetapi mata hati juga.....Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-89604151775494127762010-05-06T08:54:58.102+08:002010-05-06T08:54:58.102+08:00Cik Lee, Rasullullah memang manusia pilihan Allah ...Cik Lee, Rasullullah memang manusia pilihan Allah menjadi Rasul. Beliau juga sakit dan wafat (panggilan istimewa utk manusia istimewa bila meninggal dunia)<br /><br />Rasullullah adalah manusia yg dikurniakan dengan mukjizat2 tertentu sesuai dengan zaman nya.<br /><br />Tetapi Cik Lee, Rasullulah juga adalah manusia yg dijadikan oleh Allah, tiba masa dipanggil akan pergi jua.<br /><br />Sembuhnya penyakit yg dihidapi oleh imam busyiri seperti yg cik Lee kabarkan, penyembuhan itu dizinkan oleh Allah.<br /><br />Sama juga dengan kondisi kita di dunia, kita disarankan berusaha mencari jalan utk menyembuhkan penyakit dan berdoa ke hadrat Allah. Soal menyembuhkan adalah kuasa Allah.<br /><br />Allah yang menjadikan siang dan malam. Allah yang Maha Berkuasa dan ditakuti oleh syaitan dan jin.Ussnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-89586553478193427102010-05-05T14:03:25.546+08:002010-05-05T14:03:25.546+08:00Setau aku binaan2 memang tak dibenarkan dalam Isla...Setau aku binaan2 memang tak dibenarkan dalam Islam. Apalagi mengagung2kan manusia baik yg hidup atau yg mati.<br /><br />Islam menggalakkan umat bersederhana. Dalam bermazhab, ada yg ekstrim, ada yang agak kurang ekstrim.<br /><br />Mazhab2 adalah pendapat seseorang imam yg ahli atau terkenal dalam bab2 tertentu. Yang terutama dan terkenal diterima dunia mazhab yg 4<br /><br />Wahabi tak pulak aku tahu, ini mazhab mana, salah atau benar, ekstrim tau tidak. Tetapi, sebagai assunnah, binaan melampau dan melawat makam org salih atau nenek moyang memang satu perbuatan yg sia2 dan tak bermanfaat. Juga membawa kepada syirik.<br /><br />Lebih elok dan afdal lawatan2 ke kubur diganti kan dengan melakukan lawatan2 kepada Allah, melalui sembahyang dan ibadah2 lain yg menunjukkan pengabdian kepada Allah.<br /><br />Tak payah pikir2 sapa wahabi, siapa mazhab itu mazhab ini, mazhab mana lebih elok dan sebagaimana, pasal burdah dan segala, org yg pandai menulis qasidah burdah dimana2 dalam komen macam cik di atas ni pun belum tentu hafal burdah2 tu. Ada beza sekadar menyokong, asal tahu dan <br />mengamalkan atau asal cakap nak menang.<br /><br />Orang yg digelapkan hatinya oleh Allah akan mencari berbagai2 alasan. Hatinya tak tahu memilih yang baik dan buruk. Asal ditegur ada saja alasan yg berikan.Encik Tannoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-41401811470523720622010-05-05T12:18:18.714+08:002010-05-05T12:18:18.714+08:00SMSC: patutlah puak-puak wahabi sibuk nak runtuhka...SMSC: patutlah puak-puak wahabi sibuk nak runtuhkan kubah hijau di masjid nabi tu.. melebih-lebih dalam binaan rupa-rupanya...<br /><br />Astaghfirullahalazim.. sampai begitu penghinaan dirimu kepada ulama' ini rupanya.. Aku berlepas diri dari kamu. Andai kata begitu, mengapakah qasidah burdah itu kekal sehingga beratus tahun lamanya jika tidak kerana keikhlasan sang pengarang...<br /><br />biarlah kamu dengan mimpi bidaah kamu-kamu sekalian. dah nak terjun longkang biarlah..tak kuasa kawan nak layan..Cik Leehttps://www.blogger.com/profile/11962229618505684753noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-36542391980400689012010-05-05T08:38:30.932+08:002010-05-05T08:38:30.932+08:00Jangan keliru dan terpedaya dengan tohmahan atau b...Jangan keliru dan terpedaya dengan tohmahan atau benci membenci sesama Islam.<br /><br />Secara umum binaan berlebih2an, melawat2 makam dan bernazar dan berlebih2an memang termasuk kepada bab2 yg memungkinkan syirik dan menyengutukan Allah.<br /><br />Kerana yg mulia, pemberi pertolongan adalah Allah. Saudara Lee tak hidup di zaman Rasullulah, adakah nampal sendiri Rasullullah menyelimutkan selendang ke imam tertentu?<br /><br />Ini hanya angan2 pengikut imam busyiri yang ingin menaikkan taraf imam mereka. Ada mendapat ilham dari syaitan agaknya..<br /><br />Ini perkara2 yg menyesatkansmscnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-74273298876414316342010-05-04T23:34:50.480+08:002010-05-04T23:34:50.480+08:00Saya mula-mula confuse juga.. tp rupa-rupanya pak-...Saya mula-mula confuse juga.. tp rupa-rupanya pak-pak wahab pun minat kisah pengembaraan merahsilu juga.. hebat depa ni.. qasidah burdah tulisan iman busyiri pun depa dok bidaah jugak.. sedangkan Rasulullah sendiri yang tolong sambungkan bait-bait qasidah dan selimutkan imam busyiri dengan selendang baginda sehingga penyakit lumpuh beliau sembuh berkat tangan nabi yang mulia...<br /><br />Inilah bahananya kalau mengaji tak berguru dan bersanad.. kasihan.. janganlah terus berada dalam kegelapan...Cik Leehttps://www.blogger.com/profile/11962229618505684753noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-89052371355050678722010-05-04T19:45:57.771+08:002010-05-04T19:45:57.771+08:00Wassalam. Terimakasih atas maklumat yang diberi. K...Wassalam. Terimakasih atas maklumat yang diberi. Kalau ada gerak Insyaallah saya follow-up.<br /><br />Ya, memang ada orang Wahabi yang membaca blog ini. Bukan setakat mereka, orang Syiah, ajaran sesat, geng kebatinan, kejawen dan sebagainya pun ada singgah. <br /><br />Tidak menjadi masalah bagi saya. Saya sentiasa memberi ruang untuk orang bertandang dan memberi komen walaupun ada yang mencaci-maki saya. Kecuali dah melampau sangat, baru saya delete...Radzi Sapieehttps://www.blogger.com/profile/07561947015813731596noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-30417088691977504702010-05-04T16:15:33.487+08:002010-05-04T16:15:33.487+08:00Gen6 Tok Kadok.
assalamualaikum dan maafkan saya p...Gen6 Tok Kadok.<br />assalamualaikum dan maafkan saya pak radzie, adakah aliran wahabi sedang berada/bersama di dalam blog ini? cuba amati dan fikir2kan.<br /><br />seperkara lagi artikel ziarah MUHAMMAD ke makam2 lama di perak...<br /><br />sewaktu lewat ke makam2 di marhum tanah abang, ada tasek berhampiran diberi nama air mati( ayo mati)cuba tanyakan kewujudan 2 patung gajah batu didalam tasek tersebut, sementara orang2 lama masih ada lagi dan ada yang telah mula uzur,tanyakan juga hubungkait gajah batu di tasek itu. waktu saya masih bersekolah dalam tahun2 70an dulu patung2 2 gajah (gajah batu) amat mudah dilihat, kerana waktu itu hospital cangkat melintang belum ada dan air nya yang merah kehitaman dan banyak ikan loma (lome). banyak orang mengambil batu2 dari patung gajah untuk membuat batu pengasah parang/golok.kini tasek tu dah kering dan ditumbuh semak samun. cadangan saya lakukanlah sesuatu untuk mengetengahkan dan menyiasat apa hubungkait patung gajah batu tersebut dengan kewujudan penempatan makam2 dan kawasan pemerintahan kesultanan perak ketika itu. saya tidak mempunyai pengalaman dan kepandaian seperti bapak walaupun lebih muda dari saya.<br />seperkara lagi berhampiran kg saya tu di kg telok pedayung terdapat 1 makam Tok Sagor Sena diberi nama, berbatu nisan acheh, cubalah siasat siapakah garangan empunya nama dan pusara, makam tu terletak lebih kurang 300 meter dari Rumah Pam JPS Telok Sareh menghala ke Lambor Kanan.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-3821184893366981512010-05-03T14:49:24.607+08:002010-05-03T14:49:24.607+08:00Budaya pengkultusan kuburan makam adalah syirik (M...Budaya pengkultusan kuburan makam adalah syirik (Makam keramat)<br /><br /><br />http://assunnah-qatar.com/aqidah-artikel-192/678-budaya-pengkultusan-kuburan-makam-keramat.htmlabcnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-11739763681888188452010-05-03T12:32:15.601+08:002010-05-03T12:32:15.601+08:00AKIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH TERHADAP AHLUL BAIT ...AKIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH TERHADAP AHLUL BAIT SECARA GLOBAL<br /><br />Akidah Ahlussunnah wal Jamaah adalah pertengahan antara ekstrim kanan dan ekstrim kiri, antara berlebihan dan meremehkan dalam segala perkara akidah. Diantaranya adalah akidah mereka terhadap ahlu bait Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, mereka berloyalitas terhadap setiap muslim dan muslimah dari keturunan Abdul Muththalib, dan juga kepada para istri Rasul shallallahu’alaihi wa sallam semuanya. Ahlus Sunnah mencintai mereka semua, memuji dan memposisikan mereka sesuai dengan kedudukan mereka secara adil dan objektif, bukan dengan hawa nafsu atau serampangan. Mereka mengakui keutamaan orang-orang yang telah Allah beri kemulian iman dan kemuliaan nasab. Barangsiapa yang termasuk dari ahlul bait dari kalangan sahabat Rasulullah, maka mereka (Ahlussunnah) mencintainya karena keimanan, ketaqwaan serta persahabatannya dengan Rasul shallallahu’alaihi wa sallam.<br /><br />Adapun mereka (ahlul bait) selain dari kalangan sahabat, maka mereka mencintainya karena keimanan. Ketaqwaan, dan karena kekerabatannya dengan Rasul shallallahu’alaihi wa sallam. Mereka berpendapat bahwa kemuliaan nasab itu mengikut kepada kemuliaan iman. Barangsiapa yang diberi oleh Allah kedua hal tersebut, maka Dia telah menggabungkan antara dua kebaikan. Dan barangsiapa yang tidak diberi taufik untuk beriman, maka tidak bermanfaat sedikitpun kemuliaan nasabnya. Allah ta’ala berfirman:<br /><br />إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللهِ أَتْقَاكُمْ<br />“Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu”. (QS. Al-Hujurat: 13)<br /><br />Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda dalam akhir hadits yang panjang yang diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahihnya, No. 2699 dari Abu Hurairoh radliyallahu’anhu:<br /><br />و من بطأ به عمله لم يسرع به نسبه<br />“Barangsiapa yang diperlambat oleh amal perbuatannya maka nasabnya tidak bisa mempercepatnya”Abu Fadhlnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-45781574830193911022010-05-03T12:30:16.257+08:002010-05-03T12:30:16.257+08:00sambungan
Jadi, mereka yang mengaku sebagai ketur...sambungan<br /><br />Jadi, mereka yang mengaku sebagai keturunan Rasul shallallahu’alaihi wa sallam tapi gemar berbuat kesyirikan, mengkultuskan kuburan-kuburan wali yang tekah mati, mengadukan shalawat-shalawat bid’ah plus syirik (Burdah, Nariyah, Diba’, dll), rajin berbuat bid’ah (perayaan maulid, haul, tahlilan), maka tidak bermanfaat pengakuan tersebut dan tidak perlu dihormati ataupun disegani.Abu Fadhlnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-91416812014660581782010-05-03T12:28:34.623+08:002010-05-03T12:28:34.623+08:00HARAMNYA MENGAKU-NGAKU SEBAGAI KETURUNAN AHLUL BAI...HARAMNYA MENGAKU-NGAKU SEBAGAI KETURUNAN AHLUL BAIT<br /><br />Semulia-mulia nasab adalah nasab Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam. Dan semulia-mulia penisbatan adalah kepada beliau shallallahu’alaihi wa sallam dan kepada Ahli Bait, jika penisbatan itu benar. Dan telah banyak di kalangan arab maupun non arab penisbatan kepada nasab ini. Maka barangsiapa yang termasuk ahlul bait dan dia adalah orang yang beriman, maka Allah telah menggabungkan antara kemuliaan iman dan nasab. Barangsiapa mengaku-ngaku termasuk dari nasab yang mulia ini, sedangkan ia bukan darinya, maka dia telah berbuat suatu yang diharamkan, dan dia telah mengaku-ngaku memiliki sesuatu yang bukan miliknya. Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:<br /><br />“Orang yang mengaku-ngaku dengan sesuatu yang tidak dia miliki maka dia seperti pemakai dua pakaian kebohongan.” (HR. Muslim dalam Shahihnya, no. 2129 dari Hadits Aisyah radliyallahu’anha)<br /><br />Disebutkan dalam hadits-hadits shahih tentang keharaman seseorang menisbatkan dirinya kepada selain nasabnya. Diantara hadits Abu Dzar radliyallahu’anhu, bahwasanya ia mendengar Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:<br /><br />“Tidaklah seseorang menisbatkan kepada selain ayahnya sedang dia mengetahui melainkan dia telah kufur kepada Allah. Dan barangsiapa yang mengaku-ngaku sebagai suatu kaum dan dia tidak ada hubungan nasab dengan mereka, maka hendaklah dia menyiapkan tempat duduknya di neraka”.(HR. al-Bukhori, No. 3508 dan Muslim, No. 112)<br /><br />Dan dalam Shahih al-Bukhori, No. 3509 dari hadits Watsilah bin al-Asqa’zia berkata: Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:<br /><br />“Seungguhnya sebesar-besar kedustaan adalah penisbatan diri seseorang kepada selain ayahnya atau mengaku bermimpi sesuatu yang tidak dia lihat, atau dia berkata atas nama Rasulullah apa yang tidak beliau katakan”.Abu Fadhlnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-33230715728153734932010-04-30T09:39:19.270+08:002010-04-30T09:39:19.270+08:00Benar sahaja saudara merahsilu. Adapun salasilah w...Benar sahaja saudara merahsilu. Adapun salasilah walisongo itu, memang diakui oleh semua pihak termasuk Asyraf. Tiada khilaf lagi. Adapun nasab keturunannya itulah yang dipertikaikan kerana tiada badan yang mencatat salasilah mereka selama ini. Maka apabila orang itu mendakwa sebagai keturunan wali songo maka sudah tentu dicurigai dan dipertikai.<br /><br />Namun jika sudah tersirat, tiada siapa boleh memadam apa yang telah tersirat. Wallahualam.Cik Leehttps://www.blogger.com/profile/11962229618505684753noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-16526036541223886612010-04-30T02:03:15.327+08:002010-04-30T02:03:15.327+08:00Untuk menjaga perasan dan kehormatan seseorang, Is...Untuk menjaga perasan dan kehormatan seseorang, Islam mengharamkan takdizb (mendustakan) nasab tanpa bukti, baik takdzib dengan terang-terangan maupun dengan sindiran. Ulama sepakat bahwa takdzib nasab tanpa bukti adalah dosa besar dan termasuk kategori Qadzaf. Qadazaf adalah menuduh zina tanpa bukti. Ketika nasab didustakan maka berarti mendustakan hubungan anak beranak antara nama-nama dalam nasab tersebut, sehingga hal itu bisa juga menyimpulkan tidak sahnya pernikahan ayah dan ibu dari nama-nama tersebut. Ketika pernikahan tidak sah berarti terjadilah zina dan anaknya adalah anak zina.<br /><br /> <br />Termasuk Qadzaf terang-terangan (Sharih) dalam bentuk takdzib nasab adalah kalimat: “Dia hanya mengaku-ngaku dengan nasabnya”, “Saya tidak percaya dengan nasab yang ia sebutkan”, “dia bukan keturunan si Anu sebagaimana yang ia sebutkan” dan sebagainya. Lihat Kitab Al-Iqna’ (fiqih Al-Imam Ahmad bin Hanbal) Juz 4 halaman 259 dst. juga kitab Ar-Rudud Asy-Syar’iyyah (Al-Habib Muhammad bin Ahmad Asy-Syathiri).<br /><br /> <br />Termasuk Qadzaf sindiran (Ta’ridh) dalam bentuk takdzib nasab adalah kalimat: “Ayahnya tidak pernah mengaku-ngaku keturunan si anu”, “Saya tidak membenarkan dan tidak mendustakan nasabnya itu”, “Kalaupun benar apa yang ia nyatakan bahwa ia adalah keturunan si anu..” Sebagian ulama ada yang memasukkan kalimat seperti yang terakhir ini dalam kategori Qadzaf Sharih. Lihat Kitab At-Tahdzir Minal Ightirar Fi Ma Ja’a Fi Kitabil Hiwar, (bab pembelan Syekh Abdul Hayy Al-‘Amri dan Syekh Abdul Karim Murad atas dilecehkannya nasab Sayyid Muhammad Al-Maliki Al-Hasani) halaman 36.<br /><br /> <br />Termasuk Qadzaf Ta’ridh adalah mengajukan Hadits “Man idda’a” pada orang yang mengaku keturunan si anu. Yang dimaksud dengan Hadits “Man idda’a” adalah:<br /><br /> <br /><br /> مَنْ ادَّعَى غَيْرَ أَبِيْهِ فَهُوَ مَلْعُوْنٌ <br /><br /><br />“Barang siapa yang mengaku (bernasab) pada selain ayahnya maka ia terlaknat.” <br /><br />Jelas sekali bahwa yang dimaksud Hadits ini adalah berdusta dan mengarang nasab pada selain leluhurnya. Bahkan Hadits itu juga tidak boleh diajukan pada diri sendiri. Misalnya ada orang memiliki catatan nasab yang diperoleh dari orang tua atau sesepuh keluarga, selama catatan itu tidak bertentangan dengan riwayat yang lebih shahih dan orang tua yang memberikan catatan itu tergolong tsiqah (orang baik yang bisa dipercaya), maka ia tidak boleh menafikan nasabnya itu dengan alasan takut tergolong “Man idda’a”, walaupun untuk berhati-hati, karena itu sama dengan meragukan ke-tsiqah-an orang tua dan leluhurnya sendiri.<br /><br /> <br />Qadzaf dengan takdzib nasab, baik Sharih maupun Ta’ridh, adalah dosa besar yang mengakibatkan tiga hukuman bagi pelakunya:<br /><br /> <br />1. Dosanya baru bisa ditebus dengan had delapan puluh cambukan. Sebagian ulama ada yang menganggap hal ini sebagai Haq-qullah (hak Allah) sehingga had itu tidak gugur walaupun orang yang di-qadzaf sudah memaafkan, karena Qadzaf nasab juga berhubungan dengan kehormatan leluhur yang sudah meninggal. <br /><br /> <br />2. Tidak sah menjadi saksi pernikahan, saksi kasus dan saksi lainya sampai ia bertaubat.<br /><br /> <br />3. Berstatus “Fasiq” sampai bertaubat.<br /><br /> <br />Maka Robithoh Azmatkhan mengingatkan kepada semua anggotanya agar berhati-hati dalam masalah ini, karena, selain tkdzib tanpa bukti adalah dosa besar, masalah ini juga bisa berdampak tidak baik pada keharmonisan hubungan keluarga. Apabila ada yang mencurigai seseorang telah mengarang nasab sendiri untuk kepentingan duniawi, maka hendaknya hal itu dilaporkan secara rahasia pada Pengurus Pusat Robithoh, bukan sebagai tuduhan, tapi sebagai antisipasi. Kemudian Robithoh akan mengadakan penelitian. Laporan itu bersifat rahasia dan tidak boleh disebarkan pada orang lain. Apabila ada anggota yang menyebarkan pada orang lain maka hal itu termasuk pelanggaran Qadzaf dan Robithoh akan memberi sangsi.Radzi Sapieehttps://www.blogger.com/profile/07561947015813731596noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-11607205722848017512010-04-30T02:02:57.615+08:002010-04-30T02:02:57.615+08:00Meragukan nasab seseorang hanya boleh dalam suatu ...Meragukan nasab seseorang hanya boleh dalam suatu kondisi yang sifatnya untuk melindungi hak orang lain, seperti misalnya ada pembagian harta waris dan tiba-tiba ada seseorang yang mengaku sebagai anak kandung dari si pewaris, sementara ahli waris yang sudah masyhur tidak mengenalnya. Ketika itu hakim boleh meragukan dan meminta bukti untuk pengakuan nasab tersebut, karena hawatir orang itu hanya mengaku-ngaku untuk mendapat harta warisan sihingga hal itu merugikan hak pewaris aslinya. Selebihnya, apabila ada orang mengaku bernasab pada seseorang maka kita tidak boleh menyatakan keraguan apalagi mendustakan, karena hal itu akan menyakiti hatinya dan mengusik kehormatannya.Radzi Sapieehttps://www.blogger.com/profile/07561947015813731596noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-81798870557016947942010-04-30T02:01:56.372+08:002010-04-30T02:01:56.372+08:00Dosa Besar Mendustakan Nasab
Minggu, 28 Ju...Dosa Besar Mendustakan Nasab <br />Minggu, 28 Juni 2009 <br />Keturunan Al-Imam Hasan dan Al-Imam Husain tidak terdata dalam satu Rabithah sedunia. Ada banyak Rabithah yang masing masing hanya mendata keluarga yang dikenal diantara mereka. Dari keturunan Al-Imam Husain sendiri, selain keluarga Ba’alawi masih banyak lagi yang datanya tidak dimiliki oleh Rabithah Alawiyah yang didirikan oleh Sadah di Yaman, yaitu Husainiyyun keturunan Al-Imam Musa Al-Kazhim. Bahkan diantara keluarga Ba’alawi juga masih banyak yang tidak terdata di Rabithah Alawiyah Yaman, yaitu keluarga keturunan Al-Imam Abdul Malik Azmatkhan dan keturunan Assayyid Abdullah bin Alawi Ammil-faqih yang tersebar dan menjadi Raja-raja di Mindanau Philipina. Kebanyakan mereka punya Rabithah sendiri berdasarkan catatan nasab yang dipegang oleh anggota mereka. Ketika ada sebagian Asyraf Yordania yang mendustakan nasab keluarga Ba’alawi Yaman, itu bukan berarti institusi Rabithah mereka yang mendustakan, melainkan hanya sebagian anggota mereka. Pendustaan itu hanyalah akibat dari ketidaktahuan dan kegegabahan. Allah SWT befirman:<br /><br /> <br /><br /> وَلاَتَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ <br /><br />“Dan janganlah kau mengomentari sesuatu yang engkau tidak memiliki pengetahuan tentangnya.” (Al-Isra’ : 36)<br /><br /> <br />Rasulullah SAW bersabda:<br /><br /> <br /><br />النَّاسُ مُؤْتَمَنُوْنَ عَلى أَنْسَابِهِمْ <br /><br /><br />“Manusia itu bisa dipercaya atas pengakuan nasab-nasab mereka.”Radzi Sapieehttps://www.blogger.com/profile/07561947015813731596noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-39919712280608397212010-04-30T02:00:39.897+08:002010-04-30T02:00:39.897+08:00Wassalam. Terimakasih Cik Lee. Namun saya difahamk...Wassalam. Terimakasih Cik Lee. Namun saya difahamkan badan induk Noqabatul Asyraaf baik di Malaysia, mahupun Indonesia tidak mengiktiraf salasilah ini kerana tiada dalam catatan kitab yang dibawa kaum Alawiyin dari Hadramaut. Noqabatul Asyraaf Azamat Khan pula ditubuhkan agar pengiktirafan dapat dibuat oleh pihak mereka untuk mereka yang ada kena-mengena.<br /><br />Kita mungkin sedia menerima salasilah yang disebutkan tetapi pihak lain pula mungkin berkata kita ini berdusta, bukan pakar ilmu nasab. Jangan pandai-pandai cuba sambungkan nasab hingga ke Rasulullah SAW jika ia tiada dalam kitab mereka.<br /><br />Cuba baca apa yang tersirat pada kata-kata dalam Website Azamat Khan ni. Kelihatan ada nada kecewa dalam tulisan. Bukankah ini menunjukkan nasab Azamatkhan dipertikaikan sesetengah pihak?<br /><br />http://azmatkhanalhusaini.com/index.php?option=com_content&task=view&id=49&Itemid=107Radzi Sapieehttps://www.blogger.com/profile/07561947015813731596noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-82080889038181485532010-04-29T23:50:22.154+08:002010-04-29T23:50:22.154+08:00Nik Mustafa / Sultan Abdul Hamid Syah berputra
- ...Nik Mustafa / Sultan Abdul Hamid Syah berputra<br /><br />- Faqih Ali (Al-Malabari), berputra :<br />1. Wan Nik / Datuk Wan, berputra Wan Daim / Datuk Pangkalan* berputra Long Baha / Tuan Besar Pendiri Kerajaan Kelantan Baru Malaysia* (Sebagian keturunan Long Baha telah terdata oleh Rabithah Aal Azmatkhan Al-Husaini)<br />2. Wan Isma’il Tok Kaya Pandak/Pendek<br />; yang menurunkan Ulama Pattani Thailand, Malaysia dan sebagainya seperti Syeikh Muhammad Nik Mat Kecik Al-Fathani (Mekkah) Para WAN di TRENGGANU MALAYSIA yang keturunan dari "Sheikh Abdul Kadir Bukit Bayas" juga dari jalur ini secara lurus garis pria<br />3. Wan Yusuf Tok kaya Ratna / Rakna DiRaja,putra Faqih Ali Al Malabari(berkahwin dengan Wan Tija anak Laksaman Kota Tinggi)<br /><br />Versi II jalur nasab keturunan Nik Mustafa : (Sumber, buku berjudul “AHLUL-BAIT (KELUARGA) RASULULLAH SAW & KESULTANAN MELAYU” susunan (Tun) Suzana (Tun) Hj Othman & Hj Muzaffar Dato’ Hj Mohammad)<br /><br />Nik Mustafa / Sultan Abdul Hamid Syah berputra :<br />1. Nik Ali Dato’ Sri Maharaja pengasas keturunan ‘NIK’<br /><br />2. Nik Ibrahim / Po Nrop, Raja Champa 1637-1684 berputra :<br />-*Wan Daim / Ba Tranh raja terakhir dinasti ahlul bayt di Champa Kamboja (1686-1692), berputra :<br />I. Long Nik Datu Pujud, Pattani yang menurunkan :<br />I.1 Long Nuh (Raja Pattani 1749-1771) berputra Raja Bakar (Raja Pattani 1771-1774) berputra Long Muhammad / Sultan Muhammad (Raja Pattani merdeka terakhir 1774-1785)<br />I.2 Along Yunus (Raja Pattani 1727-1756)<br /><br />II.*Long Baha (Raja Bendang Bahang, Pemula dinasti Champa di Pattani-Kelantan, Raja Pattani 1710-1715, Raja Kelantan 1719-1733); yang menurunkan :<br />II.1 Long Sulaiman / Wan Anom Raja Kelantan I (1750-1756), berputra Long Yunus Moyang Raja-Raja Kelantan Kini yang mana para keturunannya juga menggunakan gelar “TENGKU”<br />II.2 Sultan Yunus Raja Patani 1729-1749<br /><br />Tulisan ini dibuat dalam rangka menyambung silaturahmi qabilah Azmatkhan Al-Husaini di Asia Tenggara yang banyak kepaten obor / tidak tahu lagi tentang jalur nasabnya.. dengan info ini menjadi jelas bahwa zuriyat walisongo di Indonesia berkerabat dengan jalur Malaysia & Pattani Thailand dan sama-sama merupakan zurriyat Rasul.. semoga dengan mengetahui ini, para zuriyyat dr jalur ini bisa lebih mengenal muasal-nya dan menjaga diri & keislamannya secara lebih baik<br /><br />Kekerabatan Jalur Zuriat Walisongo Indonesia dengan WAN & NIK jalur kelantan & Pattani, sudah diakui PERTUBUHAN KERABAT RAJA JEMBAL KELANTAN :<br /><br />http://pkrjk.blogspot.com/2009/06/salasilah-wali-songo-dan-kesultanan.htm<br /><br />mengenai AZMATKHAN as member of an Asyraf family of Ba'alawy Al-Husaini;<br />http://www.asyraaf.net/v2/qabilah.php?op=3&q=111<br /><br />Dan Lebih Lanjut.. Rabithah Aal Azmatkhan Al-Husaini yang berpusat di Jakarta selaku lembaga penelitian & pendataan nasab jalur ini kedepan akan lebih mensosialisasikan tentang ini pada para kerabat di Malaysia sehingga pelestarian nasab & silaturahmi keluarga besar bisa dipayungi dalam satu wadah organisasi & lembaga<br /><br />the origin of AZMATKHAN AL-HUSAINI'S family name: http://azmatkhanalhusaini.com/index.php?option=com_content&task=viCik Leehttps://www.blogger.com/profile/11962229618505684753noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-37524755.post-12758565413727302042010-04-29T23:49:21.932+08:002010-04-29T23:49:21.932+08:00Salam saudara merah silu,
Mengenai pertanyaan and...Salam saudara merah silu,<br /><br />Mengenai pertanyaan anda di forum Asyraaf, nota di bawah kawang perolehi daripada rabithah naqobatul asyraf Al-AzmatKhan di Indonesia. Harap dapat membantu,<br /><br />http://www.facebook.com/note.php?note_id=113751088644599<br /><br />SILSILAH UMUM WAN,NIK,LONG&TENGKU KETURUNAN AZMATKHAN AL-HUSAINI Dr JALUR TURUNAN KELANTAN MALAYSIA & PATTANI THAILAND<br />Share<br /> Sunday, April 11, 2010 at 8:53pm<br />Oleh : NurSatya Al-Husaini Khan<br /><br />Prediket ‘WAN’ umum dikenal & digunakan di melayu sbg prediket terhadap turunan bangsawan melayu yang sebenarnya merujuk bagi sebutan lokal trhadap sayyid & syarifah di melayu scr turun temurun. Pada takrif asalnya, umum dikenal bahwa Sayyid Ali Nurul Alam AZMATKHAN AL-HUSAINI (Kakek anggota walisongo, Sunan Gunung Jati) merupakan moyang bagi kesultanan ahlul bayt patani, champa, Kelantan dan sebagai yang memulakan prediket ‘WAN’ bagi keturunannya. Cucu cicit Ali Nurul Alam kemudian memulakan prediket ‘NIK’ dan ‘LONG’ (Gelar bagi anak sulung seorang WAN) bagi keturunan mereka. Di Aceh, prediket WAN dikenali sbg prediket bagi anak seorang sayyid (SYARIFAH). Namun begitu, zaman kebelakangan ini tidaklah dapat dipastikan lagi penyematan prediket ‘WAN’ masih berpegang pada takrif asalnya. Insya Allah, prediket ‘LONG’ & ‘NIK’ belum tercemar keaslian susur galurnya.<br /><br />Selain dari Jalur Sayyid Ali Nurul Alam, Rabithah aal Azmatkhan Al-Husaini juga mencatat penyematan prediket ‘WAN’ untuk jalur turunan saudara kandung beliau, yakni Ibrahim al-Hadhrami / Zainuddin Akbar / Asmarakandi AZMATKHAN AL-HUSAINI (Ayah anggota walisongo, Sunan Ampel) + Wan Maimunah binti Syaikh Yusuf Al-Syandani<br /><br />Kedua Jalur ini sama-sama bersambung ke fam. Azmatkhan Al-Husaini :<br />“Ali Nurul Alam & Ibrahim al--Hadhrami / Zainuddin Akbar / Asmaraqandi bin Husein Jamaluddin Akbar bin Ahmad Jalaluddin bin Abdullah AZMATKHAN bin Abdul Malik AZMATKHAN bin Alawi Ammil Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khali Qasam bin Alawi bin Muhammad bin Alawi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Al-Rummi bin Muhammad Al-Naqib bin Ali Al-Uraidh bin Ja’far Ash-Shadiq bin Muhammad Al- Baqir bin Ali Zaenal Abidin (menikah dengan Syarifah Fathimah binti Imam Hasan) bin Imam Husein bin Sayyidina Ali bin Abi Thalib dan Sayyidah Fathimah Az-Zahra binti Nabi Muhammad SAW”<br /><br />A. JALUR KETURUNAN IBRAHIM AL-HADHRAMI / ZAINUDDIN AKBAR + WAN MAIMUNAH BINTI SYEIKH YUSUF AL-SYANDANI PATTANI THAILAND, MENURUNKAN : (Para Saudara Sunan Ampel dr ibu yang berbeda)<br /><br />1. Wan Husain<br />2. Wan Muhammad Yasin<br />3. Wan Yahya<br />4. Wan Jamilah*<br />5. Wan Abdurrahman*<br /><br />*Untuk nama dengan no. 4 & 5 diatas telah terdata sebagian keturunannya oleh Rabithah Azmatkhan Al-Husaini, dari nama tersebut menurunkan ulama Pattani Thailand, Malaysia & sebagainya seperti Syeikh Dawud bin Abdillah Al-Fathani.<br /><br />B. JALUR KETURUNAN ALI NURUL ALAM AZMATKHAN AL-HUSAINI, (Perdana Menteri Kelantan-Pattani kuno, kakek Sunan Gunung Jati) MENURUNKAN :<br /><br />- Sayyid Abdullah Umdatuddin / Raja Abdullah / WAN BO / Bo Teri-Teri Raja dinasti ahlul bayt di Champa (Vietnam-Kamboja) 1471-1478, berputra :<br />- Wan Abdul Muzaffar, (Saudara Sunan Gunung Jati beda ibu) berputra :<br /><br />1. Nik Jamaluddin yang berputra 1.a Sultan Adiluddin / Raja Loyor pemula dinasti ahlul bayt pertama Kelantan-Pattani yang mana dinasti ini mempunyai 3 raja; 1. b Raja Ekok / Sultan Samiruddin Raja Patani (1605-1616) yang berputra Sultan Abdul Kadir Raja Pattani 1616-1632 yang mana tahta kemudian berpindah ke Dinasti Jambal<br /><br />2. Nik Mustafa / Sultan Abdul Hamid Syah / Po Rome Raja Champa 1578-1637. Tentang jalur penulisan keturunannya ada 2 versi yang sama dihormati Rabithah Azmatkhan Al-Husaini<br /><br />Versi I jalur nasab keturunan Nik Mustafa : (Sumber, poster nasab Rabithah Aal Azmatkhan Al-Husaini bekerjasama dengan Persatuan Pengkajian Khazanah Klasik Nusantara & Khazanah Fathaniyyah – Kuala Lumpur Malaysia)Cik Leehttps://www.blogger.com/profile/11962229618505684753noreply@blogger.com